Gus Ipul Minta Lomba Kampung Hebat jadi Ajang Uuntuk Hadirkan Lingkungan Sehat di Pasuruan

Gus Ipul, meminta perlombaan Kampung Hebat ini sebagai panggung untuk menghasilkan lingkungan yang sehat.

Surya.co.id
Walikota Pasuruan Syaifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul minta lomba Kampung Hebat jadi ajang untuk hadirkan lingkungan sehat di Kota Pasuruan 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA - Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, meminta perlombaan Kampung Hebat ini sebagai panggung untuk menghasilkan lingkungan yang sehat.

Hal itu disampaikan Gus Ipul saat membuka anugerah Kampung Hebat 2022 di Gedung Gradika, Kota Pasuruan , Kamis (22/09/2022).

“Kita ingin lomba ini menjadi ajang sekaligus menjadi panggung bagi warga Pasuruan berkolaborasi di kampung masing-masing untuk menghadirkan lingkungan sehat," kata Gus Ipul saat membuka anugerah Kampung Hebat 2022 di Gedung Gradika, Kota Pasuruan , Kamis (22/09/2022)

Baca juga: Dongkrak Ekonomi dan Seni Budaya, Disparpora Gelar Festival Pusaka Pasuruan

Disampaikan dia, perubahan daerah dipacu seiring adanya pembangunan, salah satunya pengelolaan lingkungan yang bersih, sehat dan asri. 

Karena itu, ia meminta pengelolaan lingkungan harus dimulai dari cakupan kecil. Harapannya, semakin banyak kampung dengan lingkungannya bersih.

Perlombaan Kampung Hebat di tahun selanjutnya, lanjut Gus Ipul, harus dikemas secara inovatif dan lebih kreatif dari tahun ini.

“Kedepanya perlombaan kampung hebat bisa dikemas secara inovatif supaya kampung lainnya termotivasi untuk mengikuti lomba kampung hebat,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul mengajak seluruh cakupan kecil mulai dari Kecamatan, Melurahan, RT hingga RW untuk menciptakan lingkungan bersih di tiap kampung-kampungnya.

“Pendekatan untuk sementara ini kita mulai dari RW, RWnya bisa menggerakkan warganya untuk menjadi peserta agar menghasilkan kampung yang bersih,” urainya

Menurut Gus Ipul, kampung impian masa depan adalah kampung yang sehat, kampung dengan persediaan air bersih cukup dan pengelolaan sampah yang bagus.

“Kota Pasuruan indah itu hadir dari kampung-kampung yang bersih, kampung yang banyak dihiasi dengan tanaman yang bisa dimanfaatkan warganya,” sambungnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Sarapan di Surabaya, Nasi Pecel hingga Rawon Makanan Legendasris Kota Pahlawan

Gus ipul juga mengingatkan warga Kota Pasuruan untuk terus mempersiapkan diri Kota Pasuruan sebagai tuan rumah MTQ ke-30 Tingkat Provinsi. 

Menurutnya, ini momen penting untuk membangkitkan perekonomian pasca Covid-19. Tahun depan, perbanyak kampungnya untuk mengikuti lomba kampung hebat.

Pemenang lomba kampung hebat terdiri dari 3 kategori yakni kategori perumahan, ketageori pemukiman pesisir dan kategori pemukiman berkembang. 

Diantaranya adalah, 

Kategori Perumahan
Juara I Perumahan Lentera Cluster RT 04 RW 07, Kelurahan Kebonagung, Kec.Purworejo
Juara II Perumahan Pesona Candi 6 RT 02 RW 05, Kelurahan Bakalan, Kec. Bugul Kidul
Juara III Perumahan Kraton Indah   RT 04 RW 04, Kelurahan Karangketuq, Kec. Gadingrejo

Kategori Pemukiman Pesisir
Juara I Kelurahan Bugul Lor RT 03 RW 07,  Kec. Panggungrejo
Juara II Kelurahan Mayangan RT 01 RW 02, Kec. Panggungrejo 
Juara III Kelurahan Mandaranrejo RT 02 RW 02, Kec. Panggungrejo 

Kategori Berkembang
Juara I Kelurahan Kandangsapi RT 05 RW 01,  Kec. Panggungrejo
Juara II Kelurahan Bugul Lor RT 02 RW 01, Kec. Panggungrejo 
Juara III Kelurahan Kebonagung RT 01 RW 06, Kec. Purworejo

Wartawan Galih Lintartika Tribun Jatim Travel Group - Tribunnews


 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved