One Day Trip Jelajah Empat Air Terjun di Lereng Gunung Semeru Malang, Kalian Berani?

Waktu yang singkat dalam “one day trip” memaksa untuk menjelajahi destinasi terdekat dari tempat tinggal atau penginapan. Misalnya menjelajahi empat a

Kompas.com/ Dahlia Irawati
Pengunjung menikmati keelokan kawasan tempat wisata Coban Pelangi 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, MALANG- Kekayaan wisata Kabupaten Malang bisa menjadi tujuan one day trip di akhir pekan.

Banyak tempat wisata di Malang yang bisa kalian kunjungi meski hanya satu hari. Mau itu perjalanan pagi hingga sore hari, sepanjang hari penuh atau pun dari pagi sampai malam lalu pulang.

Waktu yang singkat dalam “one day trip” memaksa untuk menjelajahi destinasi terdekat dari tempat tinggal atau penginapan. Misalnya menjelajahi empat air terjun atau coban di kawasan Lereng Gunung Semeru dalam waktu satu hari.

“Ada empat coban yang aku temui kemarin, bisa ditempuh dalam 1 hari. Berangkat pukul 7 pagi, pukul 12 siang udah di basecamp. Tidak lama menikmati cobannya, ambil foto, istirahat sambil ngemil trus explore lagi,” kata Sugeng Irawan, anggota Komunitas Backpacker Malang Raya, Rabu (8/9/2021).

Pesona Coban pelangi Malang
Pesona Coban pelangi Malang (Surya.co.id)

Pertama, pria yang akrab dipanggil Sungex ini menelusuri air terjun yang berlokasi di Gublukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang yaitu Coban Pelangi.

Lokasinya sangat strategis searah menuju area Wisata Gunung Bromo dan pendakian Gunung Semeru.

Perjalanannya sekitar 78 kilometer dari arah Kota Malang. Meskipun tampak jauh, namun perjalanan ke arah Coban Pelangi bisa ditempuh dengan cepat karena akses jalan menuju wisata cukup bagus.

Tracking di area hutan dan menyusuri sungai menjadi tantangan menuju destinasi utama.

Pengunjung menikmati keelokan kawasan tempat wisata Coban Pelangi
Pengunjung menikmati keelokan kawasan tempat wisata Coban Pelangi (Kompas.com/ Dahlia Irawati)

Tanjakan tebing dengan kemiringan nyaris 46 derajat. Jalan itu menjadi tantangan tersendiri apalagi harus melewati bebatuan untuk memanjat.

Namun, perjalanan lumayan ekstrim itu akan terbayar ketika sudah melihat pemandangan air terjun yang menjulang tinggi.

“Coban pelangi debitnya lebih kecil, soalnya gak sealiran. Kayaknya pecahan aliran akhirnya bentuk sungai sendiri dan jadi coban terpisah,” kata Sungex.

Perjalanan dilanjut eksplore Coban Jodo “dua sejoli”. Salah satu air terjun yang ada di Jabung, Kabupaten Malang.

Baca juga: Banyuwangi Bersiap Buka Tempat Wisata Masa PPKM Level 2, Rancang Aplikasi Mirip PeduliLindungi

Berjalan sekitar dua kilometer dari area parkir dilanjut jalan setapak lebar satu meter.

“Ada turunan dan tanjakan yang cukup curam,” kata dia.

Kendati demikian, mata akan disuguhi pemandangan hijau dan aliran sungai yang cukup deras. Sesampainya di coban Jodo, wisatawan akan dimanjakan dengan penorama air terjun yang memikat.

“Tiketnya sekitar Rp 15 ribu, ada tempat parkir, toilet dan campground juga,” kata dia.

Baca juga: Syarat Terbaru Liburan ke Gunung Bromo, Pengunjung Wajib Tunjukan Aplikasi PeduliLindungi

Dua air terjun lainnya yaitu Coban Cebol dan Coban Lestari. Terbilang anyar, perjalanan ke dua air terjun itu diakui Sungex cukup menguras tenaga.

Pasalnya ia harus mencari jalan yang nyaris tertutup pepohonan lebat. Belum lagi banyak pacet yang kerap ditemukan di daun-daun basah sehabis hujan atau melekat di daun, batang dan batu.

“Kalau dua coban diatasnya ini yang agak susah jadi harus cari jalan yang sudah ketutup. Selain itu juga harus bergelut dengan pacet,” papar Sungex.

Perjalanan menyebrangi hutan dan menyusuri sungai ini lah yang perlu hati-hati. Bisa saja, ketika sudah ada pacet atau lintah di kaki maupun tangan yang memegang daun-daun basah.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved