Cerita Wisatawan

CERITA WISATAWAN : Berburu Suku Walandit Sekitar Gunung Bromo Yang Tidak Lepas Dari Suku Tengger

Desa Keduwung Atas dianggap sebagai desa yang paling kental sejarah cikal bakal suku asli Gunung Bromo, yaitu suku Walandit.

istimewa
Warga Keduwung Atas 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, MALANG - Keberadaan Suku Tengger sangat identik dengan Wisata Bromo , namun tahu kah kalian mengenai keberadaan Suku Walandit di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ?

Perjalanan berburu keberadaan Suku Walandit dilakukan oleh Lestariningsih, seorang penulis dan juga guru sekolah menengah di Gempol Pasuruan.

Lestariningsih memulai perjalanan dari Pauruan menuju Pasrepon, Puspo, Pusung Malang dan berakhir di Desa Keduwung Atas.

Lestariningsih mengatakan, Desa Keduwung Atas dianggap sebagai desa yang paling kental sejarah cikal bakal suku asli Gunung Bromo, yaitu suku Walandit.

"Nama Walandit baru saya dengar dari dari Pak Inggih Uripani, ketua RT yang menceritakan tentang suku turunannya dengan semangat. Ia akan jauh lebih semangat jika mendapati seseorang atau tamu yang ingin mengeksplor wilayahnya, apalagi jika tamu itu berasal dari luar daerah," kata Lestariningsih kepada Tribunjatimtravel , beberapa hari yang lalu.

Perjalanan mulai menantang ketika kami mulai menuju arah dua Desa Pusung Malang- Keduwung Atas . Jalan berlubang, turun-naik-menukik dan melintasi beberapa hutan.

Baca juga: Berikut Protokol Kesehatan Berwisata ke Gunung Bromo, Tanpa Rapid Test Sertakan Surat Bebas ISPA

Baca juga: Ranu Pani Dipoles Jadi Wisata Unggulan, Wisata Suhu Minus Kawasan Bromo Tengger Semeru

Bau khas hutan karet, kopi dan pinus mulai berpadu. Apalagi ketika melintasi bukit dan jalan berkelok cukup tajam.

"Jalan berpaving sesekali bertemu dengan tikungan-tikungan tajam. Meskipun demikian saya dan tim pembuatan film pendek benar-benar menikmatinya. Belum lagi kanan kiri jurang dengan jalan selebar truk kecil pengangkut pasir," kata dia.

Nama Suku Walandit mungkin tidak setenar Suku Tengger.

Lestariningsih mengatakan, keberadaan Suku Walandit diakui warga setempat tidak bisa dipisah dengan Suku Tengger.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved