Pagelaran Wayang Virtual Tantangan Baru Seniman di Tengah Pandemi Covid-19

Sesaji dimaknai sebagai sesuatu yang disuguhkan kepada para penonton terhadap apresiasi seni budaya

Shutterstock
Ilustrasi Wayang 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, MALANG-Joyosentiko Artspace dan Sanggar Manisrenggo akan berkalaborasi menggelar pagelaran wayang secara virtual, Minggu (30/8/2020).

Sanggar yang berada di Kabupaten Malang tersebut mempersembahkan wayang kulit "Sesaji" yang didalangi oleh Ki Dalang Permana Putra.

Sesaji dimaknai sebagai sesuatu yang disuguhkan kepada para penonton terhadap apresiasi seni lukis, pentas tari dan wayang kulit dengan lakon sesaji Rajasuya.

"Keagungan Raja Amarta Prabu Puntadewa sebagai raja yang berwibawa dan agung, mempunyai hajat istilahnya memayu hayuning bawono," kata Permana, Jumat (28/8/2020).

Disbudpar Jatim Ajak Seniman Berinovasi Gelar Pagelaran Wayang Secara Virtual

Permana melanjutkan, pagelaran wayang kulit dan apresiasi karya perupa yang dihadirkan secara virtual ini sebagai bentuk rasa kangen para seniman.

"Berhubung pentas di tengah masyarakat belum diperkenankan secara masih situasi pandemi seperti ini. Efek Covid-19 tidak ada pagelaran, tidak ada job dan seniman sudah kangen dan ini apresiasi kalaborasi," ujarnya.

Gelaran wayang secara virtual, diakui Permana, sudah dipersiapkan dengan matang. Tak hanya menggelar wayang kulit secara virtual tapi juga terdapat pameran lukis dan pentas tari dari para perupa.

"Hampir sama pentas sebelum pandemi tapi tetap protokol kesehatan," kata dia.

Kebiasaan baru menggelar wayang kulit diakui Permana tidak hanya dari segi perlengkapan, tapi juga kuantitas pemain dan protokol kesehatan antar seniman.

"Ruang sanggar berkonsep indoor tapi tetap jaga jarak dan pakai masker. Jumlah personil juga kami minimalis sekitar 10 orang," jelasnya.

Permana mengaku pagelaran virtual ini sebagai tantangan baru menghadapi efek pandemi terutama tidak diperbolehkan pentas di tengah masyarakat.

"Kami memanfaatkan media youtube dan instagram dan memaksimalkan itu. Tentang alat-alat juga kami siapkan kamera, edit video. Semua disuguhkan kepada penonton, netizen," tutupnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved