Disbudpar Jatim Ajak Seniman Berinovasi Gelar Pagelaran Wayang Secara Virtual

Kreatifitas inovasi yang bisa menjual dan mendatangkan rejeki yaitu melalui pagelaran seni budaya secara virtual.

Surya.co.id
Kadisbudpar Jatim Sinarto 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA- Menghadapi situasi pandemi yang tidak kunjung berakhir, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarto mengajak para seniman dan budayawan untuk tetap berkreasi dalam pagelaran yang dikemas secara virtual.

Untuk memaksimalkan upaya pemulihan situasi di tengah pandemi Covid-19, seniman maupun budayawan diminta untuk tetap berinovasi dan kreatif menampilkan karya-karyanya.

"Dalam rangka pembelajaran pandemi Covid yang luar biasa pengaruhnya. Kreasi kedalangan di media sosial, ada banyak tutorial juga dimunculkan oleh Pak Mantep untuk melakukan inovasi yang menjual dan mendatangkan rejeki," kata Sinarto, beberapa waktu lalu.

"Dalam rangka pembelajaran pandemi Covud yang luar biasa pengaruhnya. Suka tidak suka kita hadapi kontraksi budaya tapi kami melakukan simulasi-simulasi. Simulasi pagelaran wayang," katanya.

Sinarto mengajak seniman dan budayawan untuk berinovasi menyelesaikan persoalan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Ia menilai perlu pertimbangan kesehatan masyarakat jika gelaran seni budaya digelar di tengah pandemi.

"Kabupaten kota silahkan melakukan pemulihan berdasarkan kondisi tapi saya tahu persis bahwa tidak semata mata pemerintah kab/kota bisa menjalankan itu. Karena masyarakat di RT/RW berbeda kesehatannya andaikan ijin dilakukan kita menghadapi euforia masyarakat," ujar Sinarto.

"Apakah betul mampu menjaga kesehatan masyarakat, tetangganya," lanjutnya.

Oleh karena itu, Sinarto mengaku tertarik cara lain melakukan kreatifitas inovasi yang bisa menjual dan mendatangkan rejeki yaitu melalui pagelaran seni budaya secara virtual.

"Kreatifitas inovasi itu jawaban normatif. Suka tidak suka kita hadapi kontraksi budaya. Kebiasaan masyarakat kita yang kadang-kadang dianulir regulasi," kata Sonarto.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved