Daftar Gunung di Jawa Timur yang Masih Tutup Saat Acara 17 Agustus 2020

Daftar Gunung di Jawa Timur yang Masih Tutup Saat Acara 17 Agustus 2020

Istimewa
Dok. Ribut Laksono via instagram @tnbromotenggersemeru 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA- Beberapa tahun ini, momen merayakan kemerdekaan di puncak gunung seakan menjadi tren yang rutin dilakukan para pendaki.

Momen tersebut akan terasa berbeda di masa pandemi. Mengingat, banyak gunung di Jawa Timur yang belum dibuka untuk pendakian.

Menurut Ketua DPProv Jatim Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia ( APGI) Anshori, perayaan upacara Kemerdekaan HUT RI Ke-75 di alam bebas (outdoor) seperti di gunung tidak banyak dilakukan di masa pandemi.

Lantaran beberapa gunung di Jawa Timur masih ditutup untuk pendakian. Para pendaki yang kerap kali melakukan upacara di gunung harus menunda dulu momen 17 agustusan di ketinggian.

"Jawa Timur belum banyak gunung dibuka, hanya beberapa seperti Gunung Penanggungan," kata Anshori melalui sambungan telefon, Sabtu malam (15/8/2020).

Anshori menyebut beberapa gunung yang belum dibuka kembali untuk jalur pendakian yaitu Gunung Arjuno-Welirang, Gunung Semeru, Gunung Raung, Gunung Argopuro dan Gunung Bromo.

Memaknai Semangat Kemerdekaan, Upacara dan Kirab Bendera Merah Putih di Gunung Saat Pandemi

Kendati demikian, Anshori mengimbau agar masyarakat menaati aturan terutama protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat maupun pengelola gunung.

"Kami tetap mengimbau protokol kesehatan, menjaga kebersihan dan physical distancing," tutupnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved