Bentang 1000 Meter Bendera Merah Putih di Gunung Penanggungan, Kibar Semangat Kemerdekaan

Bentang 1000 Meter Bendera Merah Putih di Gunung Penanggungan, Kibar Semangat Kemerdekaan

Istimewa
Kedungudi Mojokerto 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA- Pendaki dari berbagai wilayah di Jawa Timur yang tergabung dari sejumlah komunitas maupun organisasi pecinta alam menyemarakan HUT RI Ke 75 dengan membentangkan bendera merah putih di Gunung Penanggungan.

Meski di tengah pandemi tak menyurutkan semangat kemerdekaan di kalangan para pendaki Jawa Timur.

Sepanjang 1000 meter bendera merah putih akan kembali dibentangkan di puncak Gunung Penanggungan pada perayaan HUT RI Ke-75, Senin (17/8/2020) mendatang.

Pendakian yang melibatkan berbagai OPA, KPA, Komunitas akan digelar melalui jalur situs kuno Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto hingga menuju Puncak Pawitra.

"Kegiatan rutin setiap tahun pengibaran bendera, berkelanjutan. Tujuan kami khususnya kepada pemuda-pemudi Indonesia memiliki spirit nasionalisme, patriotisme dan ideologi pancasila yang kokoh," kata Ketua Panitia Darmuji, Sabtu (15/8/2020).

Selain pengibaran bendera merah putih, mereka juga akan melakukan operasi bersih gunung.

"Bersih gunung juga kami lakukan, mengingat masih banyak pendaki yang tidak memahami arti menjadi seorang pendaki," kata dia.

Aktivitas yang diperkirakan akan diikuti sekitar 1000 pendaki ini, dipastikan tetap menjalankan anjuran pemerintah yaitu wajib menaati protokol kesehatan yang berlaku.

"Kami berharap nasionalisme pemuda-pemudi tetap kokoh dan bisa bersama mengembangkan potensi lokal desa. Seperti jalur pendakian Kedungudi ini yang kaya akan situs bersejarah dan edukatif," tutup Darmuji.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved