Bepergian di Era New Normal Menggunakan Kereta Api, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Setiap penumpang juga wajib mengikuti aturan physical distancing yang telah diterapkan di area stasiun maupun kereta api.

TribunJatimTravel/nurika
Penumpang Kereta Api Penataran 

Laporan Wartawan TribunJatimTravel.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA- Perjalanan new normal menggunakan kereta api tak akan seperti sebelum Pandemi Covid-19. Kereta api memberlakukan sejumlah peraturan yang harus diperhatikan para calon penumpang.

Bagi penumpang kereta api lokal, kalian diwajibkan menggunakan masker, pakaian lengan panjang atau jaket, melewati pengecekan suhu dan membawa hand sanitizer.

Setiap penumpang juga wajib mengikuti aturan physical distancing yang telah diterapkan di area stasiun maupun kereta api. Misalnya, menjaga jarak saat di ruang tunggu maupun di dalam kereta api selama perjalanan menuju kota tujuan.

Berbeda dengan aturan kereta api lokal, untuk calon penumpang kereta api jarak menengah atau jauh ada beberapa tambahan aturan.

Calon penumpang wajib menyertakan surat hasil rapid test non reaktif atau sehat bebas influenza, batuk dan sesak bagi daerah yang tidak memiliki pemeriksaan rapid test.

36 Perjalanan Kereta Api Lokal PT KAI Daop 8 Kembali Beroperasi

Penumpang tak hanya diwajibkan mematuhi peraturan seperti penumpang kereta lokal, tapi juga wajib memakai face shield yang telah disediakan oleh PT KAI.

Face shield harus digunakan selama perjalanan menuju kota tujuan. Penumpang juga bersedia sewaktu-waktu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Bagi penumpang terdapat gejala Covid-29 atau suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius maka diturunkan di stasiun terdekat untuk dilanjut pemeriksaan oleh dokter.

Kali ini saya menjajal kereta api lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yaitu Kereta Api Penataran tujuan Surabaya-Blitar. Satu diantara 36 kereta api lokal wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang kembali beroperasi seiring penerapan new normal.

"Kereta lokal setiap hari, sementara kereta api jarak jauh khususnya arah Jakarta dan Bandung hanya hari jumat, sabtu dan minggu. Kereta api lokal kondisi normal ada 46 perjalanan, sementara saat ini baru 36 perjalanan yang beroperasi," kata Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto, Kamis (16/7/2020).

Calon penumpang kereta api tampak tertib mengikuti protokol kesehatan. Proses boarding dilakukan secara mandiri tapi disaksikan oleh petugas.

Kebiasaan Baru Staycation di Hotel Sambil Mencicipi Menu Baru Immune Booster Aston Sidoarjo

Terlihat semua calon penumpang menggunakan masker dan tidak duduk di bangku dengan tanda silang sebagai batas physical distancing. Di sisi lain, petugas juga terlihat membersihkan bangku-bangku di ruang tunggu stasiun.

Selama perjalanan suasana cukup lengang. Penumpang duduk sesuai dengan batas physical distancing dan tidak diperbolehkan duduk di kursi bertanda silang.

Kerinduan perjalanan menggunakan kereta api terbayar dengan suasana yang nyaman dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved