Protokol Kesehatan Perhotelan

Hotel Santika Premiere Gubeng Kembali Layani Tamu, Terapkan Protokol New Normal

Hotel Santika Premiere Gubeng Kembali Layani Tamu, Terapkan Protokol Kesehatan New Normal

Istimewa
Santika Premiere Gubeng 

Laporan Wartawan TribunJatimTravel.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA- Hotel Santika Premiere Gubeng siap menyambut era new normal dengan membuka kembali operasional hotel.

Hotel Santika Premiere Gubeng menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat sejak dibuka hampir dua pekan, Kamis (3/6/2020).

"Kami menerapkan protokol yang ketat itu berlaku di seluruh Santika Indonesia Hotel & Resorts. Untuk menjamin kenyamaman dan keamanan tamu," kata General Manager Hotel Santika Premiere Gubeng Agus Tryono melalui telpon, Kamis (11/6/2020).

Agus mengatakan, standart operation procedure (SOP) tersebut meliputi protokol kesehatan. Para tamu tidak hanya harus melalui pengecekan suhu tubuh tapi juga wajib menggunakan hand sanitizer.

"Mulai dari lobi sudah diterapkan. Tamu datang pengecekan suhu badan tidak lebih dari 37,5 derajat celcius. Kami juga menyemprot disinfektan pada sepatu dan roda koper," ujarnya.

Saat melakukan proses check in di front office diwajibkan mengikuti batas antrian untuk menerapkan jaga jarak atau physical distancing. Selain itu, tamu juga diminta menuliskan riwayat perjalanan.

"Bagian resepsionis ada batas penghalang jaga jarak dan batas acrylic. Kami sediakan rubber hand gloves untuk tamu yang ingin menandatangani sesuatu atau menggunakan credit card. Supaya meminimalisir sentuhan langsung," terang Agus.

Dia melanjutkan, bagi karyawan, Santika Premiere Gubeng menerapkan standart baru. Karyawan wajib check suhu tubuh, untuk seragam akan selalu dicuci setiap hari, merapikan badan, menggunakan masker, hand sanitizer dan wajib mandi saat sampai di hotel maupun sesudah bekerja.

Karyawan yang berhubungan langsung dengan para tamu dan housekeeping wajib mengenakan face shield setiap saat.

"Terlebih untuk karyawan. Kalau karyawan bagus (disiplin) ke tamunya lebih aman," tegas Agus.

Sementara ini untuk fasilitas umum seperti kolam renang, spa dan restoran tidak dapat digunakan sementara waktu hingga uji coba SOP New Normal diterapkan.

Untuk sarapan pagi, Agus menambahkan, akan disediakan dalam bentuk box. Menu yang dipesan oleh tamu sudah tersedia dan diletakan pada door knob yang tergantung di depan pintu.

Santika Premiere Gubeng menyediakan peralatan makan disposable yang terbuat dari serat jagung sehingga ramah lingkungan.

"Kami minimalisir bersentuhan langsung. Peralatan makan sekali pakai. Begitu juga laundry, setelah dilaundry masuk ke plastik, handuk juga. Jadi tamu tahu masih bersih karena baru," katanya.

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Santika Premiere Gubeng siap menyongsong new normal. Protokol kesehatan telah telah diterapkan di area hotel maupun seluruh karyawan.

"Santika cukup ketat dalam menjamin tamu yang hadir. Dijamin kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tutup Agus.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved