Aturan Baru Naik Kereta Api di New Normal, Penumpang Wajib Pakai Face Shield

Face shield wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan.

Surya.co.id
Kereta Api 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA-Semua sektor sedang mempersiapkan diri menyambut kebijakan new normal, termasuk moda transportasi kereta api.

Bagi anda yang ingin bepergian menggunakan kereta api, ada beberapa aturan baru mengikuti protokol kesehatan era new normal.

Aturan protokol kesehatan di fase new normal, penumpang PT KAI jarak menengah/ jauh diwajibkan mengenakan face shield.

Penumpang tak perlu repot-repot karena alat protokol kesehatan tersebut disediakan oleh PT KAI.

Face shield wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan.

Pertama pemesanan tiket kereta api hanya dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access atau channel eksternal lainnya.

"Loket Stasiun hanya melayani pembelian go show (tiga jam sebelum KA berangkat)," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya
Suprapto, Rabu (3/6/2020).

Penyewaan Rental Mobil Siapkan Protokol Kesehatan Sambut New Normal, Rutin Penyemprotan Disinfektan

Transisi New Normal Malang Raya Berlaku 1 Juni 2020, Jatim Park Masih Tutup Sementara

Kedua penumpang diwajibkan memakai masker di stasiun maupun di kereta api dan bersuhu badan kurang dari 37.5 derajat celcius.

"Guna memastikan kesehatan penumpang, petugas akan mengukur suhu badan penumpang di atas kereta tiap 3 jam sekali," kata Suprapto.

"Bila ada penumpang yang kedapatan bersuhu badan 37,3 derajat Celsius atau lebih dan mengalami gejala Covid-19, maka penumpang tersebut akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta," tambahnya.

Bagi penumpang jarak jauh, lanjut Suprapto, ketika berada dalam kereta akan diberikan face shield dan wajib dipakai selama di kereta hingga tiba di stasiun tujuan.

Penyewaan Rental Mobil Siapkan Protokol Kesehatan Sambut New Normal, Rutin Penyemprotan Disinfektan

PT KAI juga melakukan pembersihan rutin objek-objek yang sering terpegang tangan setiap 30 menit sekali secara bepergian.

Objek seperti pegangan pintu, pengunci pintu, keran air, tombol flush toilet, sandaran tangan, meja lipat, dan lainnya dibersihkan menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan.

Suprapto mengatakan, dalam melayani pelanggan pada New Normal, petugas frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang dibekali dengan APD berupa masker, sarung tangan, dan face shield.

Petugas tersebut antara lain petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, Polsuska, pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta.

"Petugas juga kami lengkapi APD agar memberikan rasa aman kepada para pelanggan yang dilayani oleh petugas kami," jelas Suprapto.

Di samping itu, KAI juga tetap membersihkan kereta dan fasilitas stasiun secara intensif menggunakan bahan pembersih yang mengandung disinfektan.

Fasilitas higienitas berupa wastafel portabel dan hand sanitizer juga disediakan di titik-titik yang mudah dijangkau oleh penumpang.

“Kami mengimbau kepada para penumpang untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, melakukan cuci tangan, membawa hand sanitizer pribadi, menjaga kesehatan, melaksanakan pola hidup Bersih dan Sehat, serta tidak ragu melapor kepada petugas jika tiba-tiba merasa tidak sehat,” kata Suprapto.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved