Manfaat Pilates Bagus Dilakukan Saat Puasa Ramadhan, Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Pilates merupakan jenis olahraga untuk mempertahankan tubuh tetap bugar dan memiliki banyak manfaat untuk otot-otot tubuh.

Istimewa
Dok.pribadi star pilates studio Surabaya 

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA-Puasa di bulan suci ramadhan bukan alasan untuk malas aktif bergerak seperti berolahraga.

Hanya saja intensitas olahraga yang dilakukan saat puasa mungkin bisa dikurangi atau tidak berlebihan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kalian sesuaikan saat berpuasa, misalnya mencoba Pilates.

Pilates merupakan jenis olahraga untuk mempertahankan tubuh tetap bugar dan memiliki banyak manfaat untuk otot-otot tubuh.

"Pilates itu sebetulnya bisa dilakukan semua orang. Yang tidak pernah, sering orang olahraga, pilates dibutuhkan semua orang karena sangat sesuai dengan anatomical tubuh kita," kata Owner Star Pilates Studio Atin Heryatin, Selasa (12/5/2020).

Menikmati Makanan Ramadhan ALa Besek dari Quest Hotel Darmo di Rumah

Gerakan pilates, lanjut Atin, gerakan non aerobik yang artinya melakukan gerakan functional movementnya sesuai anatomi tubuh seperti squat, melangkah, mendorong, menarik yang menyesuaikan postur, kekuatan, fleksibel tubuh masing-masing.

"Gerakannya banyak, fungsinya memperkuat otot-otot. Meregangkan otot sehingga lebih padat dan tidak berlemak. Pilates lebih ke membetulkan postur tubuh," tegas Atin.

Nyaris mirip yoga, pilates tidak akan secara signifikan meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh ke tingkat lebih tinggi yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Pilates merupakan latihan yang bisa dimodifikasi sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Crazy Rich Surabaya Bagikan Kardus Berisi Uang Jutaan Rupiah dan Sembako di Jalan

Menu Kembulan Spesial Ramadhan di Luminor Hotel Jemursari Surabaya, Layani Antar Hidangan ke Rumah

Sehingga latihan pilates bisa jadi alternatif olahraga selama berpuasa.

"Pilates non aerobik. Sangat bisa dilakukan saat berpuasa. Sepertinya ringan namun sangat mengena," kata Atin.

Selain untuk kebugaran, gerakan pilates pun banyak manfaatnya seperti meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, memperbaiki postur tubuh, menurunkan berat badan dan juga mengurangi stres.

"Harus dilakukan terus menerus, sampai tanpa disadari badan kita tegak berarti otot kita sudah mengerti secara permanen karena pilates merubah kebiasaan otot tubuh yang kurang baik menjadi baik," tutup Atin.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved