Tips Berkendara Aman, Perhatikan Kondisi Kendaraan Hingga Cuaca

Penting bagi pengguna kendaraan untuk memperhatikan, memahami dan menerapkan tata cara yang aman ketika berkendara

Nurikaanisa/TribunTravel
Bangunan peninggalan Eropa, dulu bernama Nederland Spaarbank 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA-Insiden kendaraan di ruas jalan tol masih sering terjadi dan tidak sedikit memakan korban.

Penting bagi pengguna kendaraan untuk memperhatikan, memahami dan menerapkan tata cara yang aman ketika melintasi atau berkendara di jalan bebas hambatan.

Dosen Teknik Mesin dan Manufaktur Universitas Surabaya (Ubaya) Yuwono Budi Pratiknyo, S.T., M.T. menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari aspek pengendara maupun kondisi kendaraan.

"Paling banyak menyebabkan kecelakaan di tol adalah faktor manusia, utamanya mengantuk dan kelelahan tapi ada juga yang disebabkan aktivitas berkendara," kata Yuwono Budi Pratiknyo, Selasa (24/3/2020).

Faktor lain disebut Yuwono, bisa dari kondisi fisik kendaraan, lajur jalan maupun cuaca seperti hujan deras.

"Semua kendaraan sudah diuji coba, untuk beban dan kecepatan tertentu. Itu sudah diuji internasional tapi aplikasi di Indonesia sering kali terjadi pecah ban, rem blong itu karena maintenance kurang baik dan pengecekan tekanan ban dan rem," kata dia.

Disebut Yuwono, kondisi ban juga mempengaruhi laju kendaraan. Ban yang kurang angin atau kempes bisa mengganggu keseimbangan kendaraan maupun slip.

Tekan Resiko Kecelakaan, Simak Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Pastikan angin pada ban sesuai dengan ketentuan dan kapasitas penumpang. Selain itu, pengendara juga wajib memperhatikan ban yang sesuai dengan kebutuhan pengendara.

"Pecah ban, itu kadang kita tidak mengetahui sejauh mana secara teknis tekanan ban berlaku di tol. Harusnya disesuaikan beban penumpang dan tekanan, jenis ban juga berpengaruh," kata dia.

Sementara untuk kondisi jalan, dijelaskan Yuwono, keberadaan rambu-rambu lalu lintas yang sudah terpasang harus dipatuhi oleh pengendara.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved